Delegasi Global Berkumpul di Bali untuk World Water Forum ke-10 pada 2024

Nasional, News, Nusantara1613 Views

pulau Bali, Indonesia, akan menjadi tuan rumah perhelatan penting yang menarik perhatian global, yaitu World Water Forum ke-10. Event ini, yang dijadwalkan berlangsung di salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia tersebut, diprediksi akan membawa angin segar bagi diskusi global mengenai pengelolaan dan pelestarian sumber daya air. Forum ini menjadi penting mengingat tantangan yang semakin meningkat terkait keberlanjutan air bersih dan sanitasi di berbagai belahan dunia.

Kehadiran Delegasi Internasional

World Water Forum ke-10 di Bali diharapkan akan dihadiri oleh perwakilan dari lebih dari 100 negara, termasuk delegasi pemerintahan, akademisi, LSM, dan pemangku kepentingan industri. Berikut adalah daftar beberapa delegasi yang telah mengonfirmasi kehadiran mereka:

  1. Amerika Serikat: Diperkirakan akan mengirimkan delegasi yang terdiri dari para ahli hidrologi terkemuka, pembuat kebijakan, dan perwakilan dari beberapa LSM terkemuka yang fokus pada keberlanjutan lingkungan.
  2. Uni Eropa: Delegasi Uni Eropa akan mencakup komisioner lingkungan, serta para ahli dari berbagai negara anggota yang telah aktif dalam penelitian dan kebijakan pengelolaan sumber daya air.
  3. India: Dengan tantangan air yang kian meningkat, India dijadwalkan mengirimkan sejumlah besar perwakilan dari kementerian sumber daya air serta aktivis dan ilmuwan yang telah bekerja pada solusi inovatif untuk pengelolaan air.
  4. Afrika Selatan: Sebagai salah satu negara yang pernah mengalami krisis air, Afrika Selatan berencana untuk berbagi pengalaman dan pelajaran yang telah dipelajari dari pengelolaan sumber daya air mereka.
  5. Jepang: Dikenal dengan teknologi pengolahan air limbahnya yang canggih, Jepang akan membawa keahlian teknis yang berharga ke forum ini.
  6. Brasil: Negara ini, yang memiliki salah satu cadangan air tawar terbesar di dunia, akan mengirimkan ahli lingkungan dan pejabat pemerintah untuk berdiskusi tentang pelestarian sumber daya air di Amazon.
Baca Juga:  PLN Dinobatkan Jadi Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama Versi Serikat Perusahaan Pers

Agenda Forum

Forum akan mencakup serangkaian sesi pleno, lokakarya, dan panel diskusi yang bertujuan untuk menanggapi isu-isu kritis seperti perubahan iklim, polusi air, dan kebutuhan untuk teknologi inovatif dalam konservasi air. Salah satu fokus utama forum ini adalah peningkatan kerjasama internasional dalam penelitian dan teknologi air, serta penerapan kebijakan yang efektif untuk memastikan akses air bersih bagi semua.

Harapan dan Tujuan

Dengan mengumpulkan para pemimpin dunia, pakar, dan aktivis di Bali, World Water Forum ke-10 bertujuan untuk menciptakan sebuah platform komprehensif untuk berbagi pengetahuan dan mempromosikan kolaborasi global. Kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan komitmen baru dan langkah-langkah konkret yang akan membantu dalam mengatasi krisis air yang sedang berlangsung di berbagai bagian dunia.