Pestarian Budaya Seni Beladiri Pencak Silat Perkuat Ketahanan Bangsa Cegah Radikalisme

Nasional2341 Views

SERANG (Lombokexpress.id) – Penguatan akar budaya bangsa dapat menjadi garda terdepan dalam memperkuat ketahanan bangsa dari paparan virus intoleransi, radikalisme dan terorisme, salah satunya melalui pelestarian seni beladiri Pencak Silat yang merupakan peninggalan leluhur bangsa Indonesia.

“Pencak silat merupakan olahraga seni beladiri peninggalan leluhur wajib kita lestarikan sepanjang masa,” jelas Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, M.H, saat menghadiri acara Milad ke-27 dan Ritual Keceran Pusaka Cimande Banten Indonesia (PCBI) di Kelurahan Cimuncang, Kota Serang, Provinsi Banten (10/11).

Kepala BNPT RI yang juga Ketua Dewan Pembina PCBI turut mengajak seluruh perguruan pencak silat untuk mengisi ruang digital dengan pertunjukan silat agar generasi muda Indonesia mengenal dan berminat untuk mempelajari pencak silat.

“Setiap perguruan silat di Banten dapat berikan gerakan-gerakan silat dan sebarluaskan perguruan silat di media sosial sehingga meningkatkan daya minat putra putri dalam membangun ketahanan fisik dan mental pada pencak silat,” jelasnya.

Sepakat dengan pernyataan Kepala BNPT RI, Ketua Umum PCBI Drs. Rambun Sumardi, Ak., M.Si mengatakan PBCI siap melestarikan pencak silat merupakan bagian dari menjaga nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia.

“PBCI menjadi pilar dalam menjaga tanah air yang terbaik untuk bangsa dan negara,” katanya. (bnpt/has)

Baca Juga:  BNPT RI Ajak PT Pegadaian Menjadi Agen Kontra Radikalisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *