Program “Kapolresta Mataram Peduli Tempat Ibadah” dalam Acara Dharma Yatra di Pura Siwa Gangga Pancor Awang Madia

Keagamaan167 Views

LOMBOK BARAT, LOMBOKEXPRESS.ID–Untuk memperkuat hubungan antara Kepolisian dan masyarakat, Kapolresta Mataram Melalui Wakasat Reskrim, Iptu I Nyoma Diana Mahardika, SH, menyampaikan program-program Kapolresta Mataram yang bertujuan untuk memberikan perhatian khusus terhadap tempat ibadah di wilayah hukum Polresta Mataram tersebut.

Sambutan tersebut disampaikan dalam acara Dharma Yatra yang digelar di Pura Siwa Gangga Pancor Awang Madia, Desa Giri Madya, Lombok Barat, Malam, 6 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Iptu I Nyoman Diana Mahardika, SH menegaskan pentingnya menjaga kerukunan antara umat beragama serta memastikan keamanan dan kenyamanan di tempat-tempat ibadah.

Program “Kapolresta Mataram Peduli Tempat Ibadah” ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk menjadikan tempat ibadah selain menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk beribadah juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mewujudkan harkamtibmas yang aman dan kondusif.

Salah satu tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan keamanan di sekitar tempat-tempat ibadah, termasuk pura, gereja, masjid, dan tempat ibadah lainnya.

Polresta Mataram akan meningkatkan patroli keamanan di sekitar tempat-tempat ibadah tersebut guna mencegah tindakan kriminal atau gangguan yang dapat mengganggu ketenangan masyarakat yang beribadah.

Selain itu, Polresta Mataram juga akan melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan tempat ibadah. Masyarakat akan diajak untuk membentuk kelompok pengamanan sukarela yang akan bekerja sama dengan Polisi Lingkungan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar tempat-tempat ibadah.

Iptu Nyoman Diana Mahardika, SH juga mengungkapkan rencana Polresta Mataram untuk meningkatkan kerjasama dengan pengurus tempat ibadah. Polisi lingkungan akan memberikan edukasi keamanan kepada pengurus tempat ibadah dan membantu dalam pengaturan lalu lintas saat ada perayaan keagamaan yang melibatkan banyak orang.

Program “Kapolresta Mataram Peduli Tempat Ibadah” ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Giri Madya, Lombok Barat. Mereka menyambut baik langkah Polresta Mataram dalam memberikan perhatian khusus terhadap tempat-tempat ibadah, yang merupakan pusat spiritual dan sarana kebersamaan masyarakat.

Baca Juga:  Ajeg Adeg Puri Pure Pare: Persiapan Pujawali Pura Lingsar 2023

Dalam kesempatan tersebut, Wakasat Reskrin Papolresta Mataram juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Dia juga mengimbau agar masyarakat melaporkan segala bentuk peristiwa pidana yang ada di masyarakat atau khususnya yg dapat mengancam keamanan di sekitar tempat ibadah kepada pihak kepolisian. (anang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *