Kapolresta Mataram Sime Krama ke Pure Dalem Budha Ciwa Wanaprasta Gunungsari

Keagamaan262 Views

MATARAM (Lombokexpress.id)- Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH kembali melakukan safari Kamtibmas melalui Sime Krama di tempat ibadah umat Hindu. Kali ini, Kamis (16/02) sasarannya Pure Dalem Ciwa Wanaprasta di Dusun Lilir Barat Desa Mambalan Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat.

Kapolresta Mataram didampingi Kasat Reskrim, Kapolsek Gunungsari, Kasi Humas Polresta. Hadir juga bhabinkamtibmas, Babinsa setempat tokoh Agama Hindu, pengurus Pure serta masyarakat sekitar.

Usai kegiatan berlangsung, Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH kepada media mengatakan, kunjungan Sime Krama ini dalam rangka menjalankan program Polresta Mataram, yaitu safari Kamtibmas dengan mengunjungi tempat ibadah.

Kunjungan ini melakukan silaturahmi dengan para tokoh agama Hindu di Pure Dalam Ciwa Wanaprasta di wilayah kecamatan Gunungsari. Karena merupakan wilayah hukum Polresta Mataram, maka tempat ibadah inipun di kunjungi langsung Kapolresta Mataram.

“Kami beserta rombongan diterima hangat oleh pengurus Pure serta tokoh agama Hindu dan masyarakat setempat. Kunjungan tersebut kita manfaatkan untuk berdiskusi serta mengajak masyarakat bersama-sama memelihara situasi keamanan di wilayah masing-masing,” ungkap Kapolresta Mataram usai kunjungan.

Dalam diskusi tersebut lanjutnya, Kapolresta mendengar semua keluhan dan masukan yang disampaikan oleh para warga dan tokoh. Cara inilah yang dilakukan Polresta Mataram untuk mendapat informasi dari masyarakat.

“Apa yang disampaikan pada dialog tadi tentu akan kita tindaklanjuti termasuk jika permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan pemerintah,” jelasnya.

Secara umum kondisi wilayah hukum Polsek Gunungsari masih tergolong sangat kondusif. Namun demikian tidak boleh terlena dengan keadaan tersebut. Polresta bersama Polsek Gunungsari harus tetap melakukan berbagai upaya agar dapat memelihara kamtibmas. Salah satu nya dengan melaksanakan kegiatan silaturahmi.

“Seluruh Polsek dan bahkan bhabinkamtibmas sudah kami arahkan agar tetap melakukan safari Kamtibmas meskipun skupnya kecil. Ini dapat mendeteksi secara dini potensi gangguan keamanan yang akan terjadi,” tutupnya.

Baca Juga:  Polsek Sandubaya Kawal Pawai Ogoh-ogoh Mini Anak-anak TK

Di akhir acara, Kapolresta Mataram menyerahkan bantuan berupa 30 sak semen untuk membantu pembangunan Pure yang diterima langsung oleh pengurus Pure setempat.

Sebelumnya Penasehat Pengurus Pure Nyoman Arsa dalam sambutan penerimaan mengucapkan terimakasih atas berkenannya Kapolresta Mataram berkunjung ke tempat ibadah umat Hindu di Gunungsari. Semoga kunjungan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Atas bantuan bapak Kapolresta, semoga pure ini dapat segera disempurnakan demi kepentingan ibadah umat Hindu yang ada di wilayah ini,” tutupnya. (ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *