Kapolresta Mataram Simakrama di Pura Durga Satwa Gunungsari

Keagamaan353 Views

LOMBOK BARAT (Lombokexpress.id) Program peduli tempat ibadah melalui Safari Kamtibmas atau Simakrama kembali dilaksanakan Polresta Mataram. Kali ini, Kamis (23/2) mengunjungi Pura Dalam Durga Stawa Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat.

Program itu merupakan inisiasi Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH yang selama hampir 8 bulan terus secara intens dilakukan memberikan bantuan semen sebanyak 30 sak semen untuk pembangunan tempat ibadah di wilayah hukum Polresta Mataram.

Kapolresta Mataram didampingi Kasat Reskrim Kompol Kadek Adi Budi Astawa ST SIK, Kapolsek Gunungsari AKP Agus Eka Artha Sudjana SH, Personel Si Humas, Sat Binmas dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa.

Kunjungan disambut hangat Ketua Kerama Pura Dalem Durga Stawa Gunungsari Nengah Sukiada. Nengah mewakili pengurus Pura Dalem Durga Stawa Gunungsari mengucapkan selamat datang dan terimaksih atas kunjungan bapak Kapolres Mataram bersama rombongan beserta seluruh tamu dan pengempon pura Dalem Durga Stawa Gunungsari.

“Kami ucapkan terimaksih atas bantuan sumbangsih bapak Kapolresta dengan memberikan bantuan berupa semen untuk menunjang pembangunan Pura Dalem Durga Stawa Gnungsari ini,” ucapnya

Nengah menceritakan keberadaan Pura Dalem Durga Stawa Gunungsari berdiri sekitar tahun 1950 yang didirikan oleh Umat Hindu yg berada di Sekitar Gunungsari. Pura Dalem Durga Stawa Gnungsari dirembe sekitar 400 KK Umat Hindu yang tersebar di 4 Desa yakni Ds Gunungsari, Ds Tamansari, Ds Ranjok dan Ds Midang,” ungkapnya.

Semenjak berdiri Pura ini telah beberapakali dilakukan renovasi.

Berikutnya sambutan dari Ketua Parisadha Kec Gunungsari Wayan Langkir menyampaikan selamat datang dan terimakasih atas kesediaan Kapolresta Mataram beserta jajaran serta tamu undangan yang lainnya berkenan hadir di acara simakrama ini.

“Atas nama Pengurus Pura mengucapkan terimakasih atas bantuannya dan terkait dengan pembangunan pura ini selain swadaya dari Umat juga banyak di bantu dr pemerintah dan organisasi hindu,” ucapnya.

Baca Juga:  IKBH Polresta Mataram Mengadakan Kegiatan Binrohtal dan Bhakti Sosial di Pura Jagadnatha Sangkara Hyang

Sampai saat ini masih ada beberapa kelengkapan pura yang belum terselesaikan. “Semoga Bapak Kapolresta dapat kembali berkunjung dengan masyarkat kami serta untuk diketahui hubungan toleransi antar umat beragama sangat naik dan rukun,” tuturnya.

Sementara Kades Gunungsari mewakili masyarakatnya mengucapkan terimakasih kepada Kapolresta Mataram atas bantuanya. Semoga bantuan tersebut bermanfat untuk pembangunan Pura Dalem Durga Stawa Gunungsari.

Kapolresta Mataram Kombes Pol.Mustifa SIK MH menyampaikan ucapkan terimakasih sudah diterima dalam kegiatan Safari Kamtibmas, kegiatan ini sudah berjalan 8 bulan.

“Safari Kamtibmas atau Simakrama ini dilakukan setiap minggu dan sudah terjadwal baik di Masjid maupun di pura di wilayah hukum Polresta Mataram,” kata KBP Mustofa.

Tujuannya Polri ingin mendekatkan diri kepada masyarakat dlm berkomunikasi dengan masyarakat.

“Kenapa kita lakukan Safari Kamtibmas ke tempat ibadah dikarenakan tempat ini tempat suci dalam kegiatan simakrama. Karena kegiatan Kamtibmas lewat Safari kamtibmas/simakrama untuk menyampaikan secara umum terkait Kamtibmas di wilayah Hukum polresta Mataram,” ungkap Kapolresta.a

Kapolresta berharap dengan safari kamtibmas kita saling menjaga diri dari gangguan.

“Bila mendapatkan isu atau beritahu agar dikross cek terlebih dahulu kebenanaranya dari pihak terkait sehingga tidak merugikan diri dan masyarkat lainnya.

“Sebentar lagi kita akan menyambut Pemilu tahun 2024. Di tahun politik ini kita jaga kamtibmas sehingga pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya.

Di akhir sambutannya Kapolresta mengajak seluruh komponen masyarkat dapat bersinergi bersama Polri dan TNI utk menjaga Kamtibmas. Khususnya di wilkum di kec Gunungsari agar tetap Kondusif. Kapolresta juga mengajak masyarkat mensosialisasikan tentang Harkantibmas khususnya tentang Bahaya Narkotika.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab Kapolresta Mataram dengan masyarakat yang hadir terkait menjaga Harkamtibmas yang kondusif dan permasalahan sosial masyarkat. (ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *