BNPT Ajak Asosiasi ABPEDNAS Jaga Konsensus Bangsa Indonesia

Nasional1372 Views

JAKARTA (Lombokexpress.id)–Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) mengajak masyarakat desa bersama-sama menjaga empat konsensus bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala BNPT RI, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, M.H., saat menerima audiensi Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Indonesia di Jakarta pada Senin (16/1).

Menurutnya, semua anak bangsa termasuk di dalamnya masyarakat desa dapat bersama-sama menjaga nilai-nilai toleransi dan cinta tanah air. Untuk mencegah masuknya paham intoleran, radikalisme dan terorisme yang memecah belah bangsa.

“Masyarakat desa bersama-sama menjaga warisan pendiri bangsa terhadap empat konsensus bangsa Indonesia. Jadi kita mengingatkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus menjunjung tinggi semangat berbangsa dan bernegara yang bertoleransi yang cinta terhadap NKRI,” ujarnya.

Kepala BNPT lebih lanjut menyampaikan ada lima langkah strategis BNPT dalam penanggulangan terorisme atau yang disebut sebagai vaksin anti teror.  Di antaranya transformasi wawasan kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai pancasila, moderasi dalam beragama, pelestarian akar kebudayaan bangsa dan transformasi pembangunan kesejahteraan. Untuk transformasi pembangunan kesejahteraan, Kepala BNPT RI mengatakan hal ini memiliki persamaan dengan tujuan ABPEDNAS.

“Dari 5 vaksin tersebut yang lebih dekat dengan tujuan desa saat ini yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. Melalui hal ini ABPEDNAS bisa kita melakukan kerja sama. BNPT pada prinsipnya membuka ruang kepada organisasi atau lembaga yang mempunyai tujuan bersama untuk menjaga NKRI,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum ABPEDNAS, Indra Utama meminta BNPT RI untuk dapat bekerjasama dengan pihaknya dalam rangka memberikan sosialisasi pencegahan radikalisme dan terorisme kepada pemuda di seluruh Indonesia.

“Kami berharap ada kegiatan seminar atau pembekalan kepada pengurus yang dipandu oleh BNPT RI, agar nantinya kami bisa melakukan pembekalan di sekolah-sekolah, dan di Kabupaten / Kota untuk membangun kecintaan pemuda terhadap Bangsa Indonesia,” katanya.

Baca Juga:  Jaksa Agung ST Burhanuddin Meminta SMSI Kawal Kinerja Jaksa

Dalam membuka ruang kerjasama yang lebih luas, BNPT RI dan ABPEDNAS berencana melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama dalam waktu dekat. (bnpt/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *