ASIK BANG FKPT Riau Merevitalisasi Semangat Kabangsaan

Nasional1141 Views

KAMPAR (Lombokexpress.id)– Seratusan generasi muda di Pekanbaru, Kampar dan sekitarnya, Riau, Rabu (18/5/2022), digalang untuk ikut kegiatan Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG)  sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat. Para milenial ini dikenalkan bagaimana menggunakan musik sebagai media komunikasi antar mereka.

Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPT RI, Rahmad Suhendro dalam sambutannya di pembukaan acara Asik Bang mengatakan apresiasinya kepada FKPT Riau atas terselenggaranya kegiatan ini. ‘’Peran anak muda dalam menarasikan perdamaian dan cinta tanah air dapat melalui musik, dibutuhkan Langkah pencegahan agar masyarakat khususnya generasi muda terhindar dari keterlibatan dari kejahatan terorisme,’’ katanya.

Dia memberikan apresisasi atas terlaksananya Asik Bang dalam upaya membentengi, mencegah, agar penyebarluasan radikalisme dan terorisme melalui kegiatan musik ini anak-anak muda Kembali ke habitatnya yaitu berkarya. “Secara faktual banyak sekali anak-anak muda yang bergabung dengan kelompok ini akibat propaganda, dan jejaring pertemanan dimedan sosial bahkan ada dari kalangan generasi muda menjadi sasaran dan target propaganda,’’ katanya.

Menurutnya, sudah banyak cerita dari berbagai negara bagaimana anak muda yang memilih meninggalkan negaranya untuk bergabung dengan kelompok terorisme. Oleh karena melalui momen kegiatan ASIK BANG fkpt Riau tahun 2022 diharapkan mampu merepitalisasi dan memperkuat semangat kebangsaan dan nasionalisme dikalngan generasi muda yang ada.

Di tempat yang sama mantan eks. Anggota Jamaah Anshor Daulah (JAD), Rangga Respati mengatakan bahwa pendekatan soft approach yang dilakukan BNPT melalui kegiatan festival band seperti ASIK BANG perlu dilaksanakan secara simultan karena daripada seharian berselancar di media sosial lebih baik berkarya mengirimkan pesan-pesan perdamaian lewat musik, ini adalah program pencegahan yang bagus.

Baca Juga:  NTB Terbaik Satu Cabang Hifzil Qur'an Pada MTQ KORPRI Nasional V di Kendari

“Pemerintah perlu lebih mengefektifkan program pencegahan karena upaya penangkapan dalam membasmi terorisme tidaklah cukup, nyatanya masih saja ada aktifitas sel-selnya tak kunjung surut, dibutuhkan kegiatan pencegahan yang langsung tertuju di tengah-tengah masyarakat, kegiatan Asik Bang ini sangat bagus.” ungkap Rangga

Menurutnya, sebaiknya anak muda berkarya lewat hal-hal yang positif dan musik adalah satunya, musik dapat menggugah rasa kebangsaan, menggugah rasa nasionalisme lewat musik kita dapat menyampaikan pesan yang positif.

“Sudah saatnya anak muda melakukan narasi kebangsaan dan nasionalime lewat musik, ini penting sebagai kebersamaan dan ajang silahturahmi antar anak muda, gugahlah masyarakat lewat karya-karya indah yang menyampaikan pesan positif.”pungkasnya (kim/red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *