BNPT Ikut Ambil Bagian dalam Pertemuan Pejabat Senior ASEAN terkait Kejahatan Lintas Negara (SOMTC) untuk periode tahun 2022

Nasional1170 Views

JAKARTA (Lombokexpress.id)– Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam hal ini Kedeputian Kerjasama Internasional berperan aktif dalam mendorong kerjasama regional di Kawasan Asia Tenggara.

Salah satu peran aktif tersebut diwujudkan ketika Deputi Kerjasama Internasional BNPT Andhika Chrisnayudhanto memimpin Delegasi Indonesia terkait Kejahatan Lintas Negara (SOMTC) untuk periode tahun 2022 dalam sidang (plenary) pertemuan “The 22nd ASEAN Senior Officials Meeting on Transnational Crime” (22nd SOMTC) secara virtual pada Selasa (19/7).

“Era New Normal setelah pandemi membutuhkan perhatian khusus, mengingat penyesuaian regulasi serta tahapan pemulihan ekonomi di kawasan berdampak pada perputaran uang, komoditi, dan pergerakan individu antar negara termasuk high risk travelers hingga teroris. Selain itu, maraknya ancaman serangan siber dan penyalahgunaan internet untuk tujuan terorisme, serta radikalisasi dan perekrutan online menuntut kita untuk terus meningkatkan upaya penanggulangan terorisme yang secara tidak langsung memicu modus operandi baru bagi pelaku teroris dalam beroperasi. Hal ini berujung pada kebutuhan akan komitmen dan kerjasama yang kuat antar negara di kawasan dalam menghadapi kejahatan lintas negara di era New Normal, demi terwujudnya upaya penumpasan kejahatan yang maksimal,” jelas Andhika.

Adapun Delegasi Indonesia dalam pertemuan ini diperkuat oleh perwakilan dari Satuan Kerja Internal Polri selaku Sekretariat SOMTC Indonesia, dan K/L terkait lain, diantaranya: Kemenkopolhukam, Kemenlu, Kemenkumham, Kemenhub, Kemenkeu, Kemenkominfo, Kemnaker, BSSN, BNN, BP2MI, BNPP, PPATK, Kejagung, Bakamla, KLHK, KKP, KPPPA dan LPSK.

Pertemuan dipimpin oleh Jenderal Polisi Por Phak, selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Kamboja. Pertemuan dihadiri oleh perwakilan seluruh Negara ASEAN, serta ASEAN Sekretariat.

Pertemuan ini menjadi platform bagi para pejabat senior di ASEAN untuk saling bertukar informasi dan praktik baik dalam memperkuat upaya bersama dalam penanganan kejahatan lintas batas negara, guna mencapai tujuan bersama mewujudkan ASEAN sebagai kawasan yang aman, damai dan sejahtera.

Baca Juga:  PLN Dinobatkan Jadi Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama Versi Serikat Perusahaan Pers

Delegasi Indonesia dalam pertemuan juga melaporkan terkait hasil pelaksanaan pertemuan ke-18 Pejabat Senior ASEAN terkait Isu Penanggulangan Terorisme (18th SOMTC Working Group on Counter-Terrorism), yang telah dilaksanakan dan dipimpin oleh Indonesia selaku Chair Pertemuan, pada 7 Juli 2022. Pertemuan juga membahas perkembangan implementasi rencana aksi ASEAN dalam penanggulangan kejahatan lintas negara, dan perkembangan status program yang telah disepakati dan tertunda pelaksanaannya.

Lebih lanjut, rangkaian pertemuan ke-22 SOMTC akan dilanjutkan dengan rangkaian pertemuan Sesi Konsultasi SOMTC dengan perwakilan Negara Mitra Dialog ASEAN, dalam menjajaki peluang/ review status perkembangan kerjasama kedua pihak pada isu kejahatan lintas batas negara pada tanggal 20 s.d 21 Juli 2022. (bnpt/has)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *