Momentum Hari Kartini, BNPT Dorong Peran Perempuan Jadi Agen Perdamaian

Nasional889 Views

JAKARTA (Lombokexpress.id)-Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus mendorong peran perempuan dalam pencegahan terorisme.

Melalui forum Perempuan Teladan Optimis Produktif (TOP) Viralkan Perdamaian yang diselenggarakan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DKI Jakarta (21/4), Kepala Bagian Hukum dan Humas BNPT Kombes Pol. Astuti Idris, S.Sos. mengajak kaum perempuan menghidupkan semangat Kartini dengan menjadi agen perdamaian.

Dengan peran yang sangat strategis di lingkungan keluarga dan masyarakat, Astuti menilai kaum perempuan dapat membawa pengaruh besar dalam mendidik dan mereduksi paham radikal terorisme. Melalui kemajuan teknologi informasi, perempuan harus memviralkan pesan yang sarat akan nilai toleransi dan perdamaian.

“Kami berharap ibu-ibu dapat memberikan edukasi kepada anak-anak, mengawasi anak-anak dalam berinteraksi utamanya dalam bersosial media karena saat ini propaganda radikal terorisme marak di dunia maya, ibu-ibu juga berkontribusi menyebarkan narasi kebaikan,” katanya.

Keterlibatan perempuan dalam terorisme bukan fenomena baru di negeri ini. Sejak tahun 2015 hingga 2021, sebanyak 14 perempuan setidaknya berperan dalam pendanaan hingga pelaku aksi teror. Adanya andil perempuan dalam terorisme ini sangat disayangkan mengingat perempuan merupakan figur seorang ibu yang seharusnya menjadi benteng dalam menangkal radikalisme dalam keluarga.

“Berawal dari mengikuti suami hingga mengajak anak-anaknya untuk melakukan jihad, sangat disayangkan karena kaum perempuan ini yang bergaul erat dengan anak-anak,” tutup mantan kasubdit TI ini. (has/rlsbnpt)

Baca Juga:  BNPT Serukan Totalitas Melawan Radikalisme Terorisme kepada Seluruh Pihak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *