Polsek Pagutan Prioritaskan Keamanan Upacara Keagamaan Manusia Yadnya

News345 Views

MATARAM (Lombokexpress.id)- Polsek Pagutan melaksanakan pengamanan Upacara Keagamaan Manusia Yadnya Metatah atau Potong Gigi di Yayasan Dharma Laksana Mataram.

Kapolresta Mataram melalui Kapolsek Pagutan Iptu I Putu Sastrawan SH mengatakan kehadiran Polri sangat dibutuhkan di tengah kegiatan masyarakat. Salah satunya telah berlangsung Upacara Keagamaan Yaitu Manusia Yadnya Metatah Masal atau Potong Gigi.

“Untuk itu kami bersama personel Unit Patroli, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta Pemerintah Lingkungan setempat melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut,” kata Iptu Sastrawan saat memimpin pengamanan.

Upacara Manusia Yadnya (Metatah) Masal yang merupakan rangkaian kegiatan Umat Hindu yakni seorang anak yang sudah dinyatakan beranjak dewasa atau remaja dengan diikuti oleh 35 orang. Terdiri dari 17 perempuan dan 18 Laki – Laki yang didampingi oleh orangtuanya masing-masing.

Upacara ini lanjutnya untuk meminimalkan sifat negatif dari orang yang bersangkutan. Tetapi tidak berarti setelah upacara ini sifatnya akan sepenuhnya baik .

“Semua kembali kepada pribadi masing-masing setiap orang. Apakah mempunyai dasar dan keinginan yang kuat dalam merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik,” terang Kapolsek.

Dalam Tradisi Agama Hindu, upacara ini juga bermakna untuk Menemukan Hakekat Manusia Sejati yang terlepas dari belenggu kegelapan dari pengaruh Sad Ripu dalam diri manusia.

Selain itu Kapolsek juga mengimbau untuk nenerapkan protokol kesehatan karena Kota Mataram masih dalam Masa Pandemi Covid-19. Kita berharap upacara keagamaan Manusia Yadnya Metatah Masal berjalan dengan aman dan kondusif,” pungkas Kapolsek. (Anang)

Baca Juga:  Bawaslu Kabupaten Lombok Timur Gelar Sosialisasi Pengawasan Netralitas ASN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *