Adanya DBON, Wartawan Punya Andil Cetak Atlet

Olahraga334 Views

KENDARI (Lombokexpress.id)–Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menjadi salah satu agenda penting dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2022, di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Mahfudin Nigara, mengatakan DBON yang saat ini tengah digaungkan pemerintah diharapkan menjadi tonggak kebangkitan olahraga tanah air.

Kebangkitan olahraga seperti yang diharapkan pemerintah pusat itu, kata mantan wartawan olahraga senior ini, akan terwujud jika adanya keterlibatan peran wartawan.

“Dalam DBON ini peran wartawan olahraga sangat dibutuhkan. Perannya adalah pengawas. Namun wartawan harus paham tentang cabor-cabor yang ada di DBON. Dengan posisi seperti itu maka peran SIWO sangat tinggi untuk mengawasi setiap pergerakan dan sentra-sentra pembinaan olahraga,” kata Mahfudin Nigara, usai rakernas SIWO di D’Blitz Hotel Kendari, Senin (7/2/2022).

Lanjut Mahfudin, DBON diibaratkan sebagai pabrik. Pabrik yang akan mencetak atlet-atlet berprestasi untuk mengharumkan nama daerah dan bangsa di kancah internasional.

“Selama ini peran wartawan terhadap olahraga hanya biasa-biasa saja. Normatif menilai dan memberitakan atlet maupun cabang olahraga, tapi tanpa berpikir bagaimana ikut mencetak atlet. Dengan adanya DBON wartawan bisa terlibat banyak. Di posisi ini wartawan punya peran yang sangat besar untuk bisa melahirkan atlet-atlet itu sendiri,” tambahnya.

Untuk menguatkan peran wartawan terhadap program DBON, akan dilakukan penandatanganan MoU antara Menpora Zainudin Amali dengan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari yang dijawalkan berlangsung di Plaza Inn Hotel Kendari Selasa, (8/2/2022). (rls)

Baca Juga:  Gala Dinner HK EC 2021, Gubernur NTB: Awal Gairah Pariwisata & Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *