Tingkatkan Karakter Bela Negara, BNPT dan UPN Surabaya Resmikan Warung NKRI Ke-17

Uncategorized660 Views

SURABAYA (Lombokexpress.id)– Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bersama Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran Surabaya meresmikan Warung NKRI ke-17 yang berpusat di central canteen kampus UPN pada hari Senin (5/12).

Kepala BNPT RI, Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, M.H., berharap dengan kehadiran Warung NKRI tersebut dapat menggugah semangat bela negara kepada civitas akademik UPN Veteran Surabaya dalam menggelorakan narasi perdamaian di lingkungan kampus dan masyarakat. UPN Veteran Surabaya sendiri telah memiliki julukan sebagai kampus “Bela Negara.”

“Bela negara itu amanah konstitusi, melalui UPN semangat bela negara tidak hanya milik keluarga UPN tapi juga masyarakat menjadi pelopor narasi-narasi kontra yang negatif, jika kita tidak punya resiliensi terhadap isu negatif kita bisa terkena virus (radikalisme),” jelas Kepala BNPT saat momen peresmian Warung NKRI UPN.

Menurut Boy Rafli, warung NKRI dapat dijadikan sarana bagi kegiatan dialog-dialog berbagai komunitas yang ada dalam menghiasi kehidupan demokrasi di Indonesia yang secara utuh dibungkus dengan penyampaian narasi-narasi cinta NKRI.

“Warung NKRI ini kita dorong agar bisa dihampiri berbagai komunitas di Indonesia, dialog-dialog ini bisa disampaikan ke keluarga, masyarakat, mengajak untuk tidak lupa karakter kemerdekaan kita,” katanya.

Sementara itu Rektor UPN Veteran Surabaya Prof. Akhmad Fauzi optimis kerja sama BNPT RI dan UPN melalui Warung NKRI dapat memberikan dampak yang positif utamanya dalam menyongsong Indonesia emas 2045. Warung NKRI UPN menjadi tempat yang tepat untuk mengembangkan talenta dan rasa nasionalisme.

“2045 Indonesia emas harapanya kita bisa jadi negara maju, kembangkan terus talenta, potensi, sense of belonging terhadap Indonesia, rasa nasionalisme, kita siapkan masa depan kita dengan baik,” kata Rektor kampus bela negara tersebut.

Baca Juga:  Sketsa Serba-Serbi Sholat Subuh (15)

Warung NKRI UPN Surabaya merupakan warung ke-17 yang telah didirikan BNPT RI bersama pemerintah, akademisi, media, pelaku usaha, dan komunitas dalam rangka pencegahan terorisme. Acara Peresmian warung ini diawali dengan prosesi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BNPT RI dan UPN Veteran.
Sebelumnya, BNPT RI bersama Kwartir Daerah Jatim telah meresmikan Warung NKRI Jember di City Forest & Farm Arum Sabil (4/12). (bnpt/has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *