Perkuat Kolaborasi Pencegahan Ideologi Transnasional, BNPT RI Jajaki MoU dengan NCTC Qatar

Uncategorized1055 Views

QATAR, LOMBOKEXPRESS.ID – Indonesia berencana memperkuat kolaborasi global dengan Qatar dalam pencegahan ideologi transnasional. Kolaborasi tersebut dilakukan dengan penyusunan rencana Memorandum of Understanding (MoU) antara BNPT RI dan NCTC (National Counter Terrorism Committee) Qatar dalam rangka mengimplementasikan berbagai area kerja sama pencegahan dan penanggulangan terorisme.

“Perlu adanya MoU Kerja Sama Penanggulangan Terorisme antara Indonesia dan Qatar sebagai payung hukum bagi kedua negara untuk mengimplementasikan berbagai area kerja sama di masa mendatang,” jelas Kepala BNPT RI Komjen Pol. Prof. Dr. Rycko Amelza Dahniel M.Si. dalam kegiatan kunjungan kerja delegasi BNPT RI ke kantor NCTC Qatar pada Selasa, (22/08).

Salah satu bentuk area kerja sama pencegahan dan penanggulangan terorisme yang diinisiasi oleh BNPT RI adalah program single data terrorist. Tujuannya untuk memudahkan sharing informasi, mengingat Qatar merupakan salah satu negara transit perlintasan anggota jaringan terorisme internasional.

“Kita perlu membentuk satu single data terrorist, untuk memudahkan sharing informasi. Mengingat, Qatar merupakan salah satu negara transit dari perlintasan anggota jaringan terorisme internasional maupun foreign terrorist fighters (FTF), ” tambahnya.

Menyambut baik inisiasi tersebut, pimpinan NCTC Qatar, Y.M. Jenderal Dr. Nasser Saeid Al Hajri mengatakan penguatan kerja sama dengan BNPT ini penting dan dirinya pun sepakat untuk segara menyusun naskah perjanjiannya.

“Penguatan kerja sama internasional yang diwujudkan melalui MoU ini penting untuk kedua negara, hasil pertemuan kita tindaklanjuti dengan pertemuan teknis untuk menyusun naskah perjanjiannya,” terangnya.

Dalam pertemuan ini, Kepala BNPT RI didampingi oleh Duta Besar LBBP Indonesia untuk Qatar Bapak Ridwan Hassan, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol. Ibnu Suhaendra, SIk, Direktur Kerjasama Bilateral Brigjen Pol. Kris Erlangga, Atase Pertahanan RI di Iran merangkap Qatar Kolonel Laut Hariyanto, Kasubdit Aspasaf BNPT Kolonel (Sus) Harianto dan staf.

Baca Juga:  Lomba Ogoh-ogoh, Hindari Macet Masyarakat Disarankan Jalur Alternatif  

Sehari sebelumnya, telah dilaksanakan pertemuan dengan Head of UNODC Qatar Office Mr. Mustafa Erten dan juga Head of UNOCT Qatar Office Dr. Aynabat Atayeva. (bnpt/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *