KTT ASEAN RESMI DIBUKA, BNPT RI BERSINERGI DENGAN PIHAK TERKAIT PASTIKAN PELAKSANAAN LANCAR

Giat BNPT581 Views

MANGARAI BARAT, LOMBOKEXPRESS.ID– Indonesia Kembali menyelenggarakan event Internasional tingkat Asia Tenggara atau KTT Ke- 42 ASEAN 2023 yang dilaksanakan 9-11 Mei 2023 di Laboan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Berbagai acara akan dilaksanakan dalam kesempatan itu diantaranya 42nd ASEAN Summit (Opening and Plenary), ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA), ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth, dan ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo secara resmi telah membuka KTT ASEAN pada Rabu (10/5). Dalam pembukaan kegiatan yang dihadiri oleh berbagai pemimpin negara sahabat tersebut, Presiden mengajak menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

“Mari bekerja keras menjadi ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, dan dengan ini saya nyatakan KTT ke – 42 ASEAN dibuka,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Kepala BNPT RI Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si menyampaikan kesuksesan penyelenggaraan event internasional ini membutuhkan sinergi dan kolaborasi berbagai pihak, demikian pula pada bidang keamanan.

Menurutnya, semua pihak harus bersinergi bersama menjaga keamanan untuk mendukung kelancaran terlaksananya KTT ASEAN termasuk dengan upaya mitigasi potensi ancaman aksi teror.

“Melakukan deteksi dini terhadap sel-sel jaringan terorisme yang memiliki potensi untuk melakukan serangan ke sini oleh karena itu BNPT tidak bekerja sendiri kita mensinergikan semua kementrian/lembaga Kementerian terkait dengan TNI Polri dan utamanya untuk KTT ASEAN ini,” kata Kepala BNPT RI saat memantau beberapa venue acara KTT ASEAN di Laboan Bajo.

Lebih lanjut, Kepala BNPT RI mengatakan jika keterlibatan sumber daya bangsa dalam mencegah gangguan keamanan sangat penting, hal ini disebabkan nama baik Indonesia dipertaruhkan dalam kancah Internasional.

Baca Juga:  Tingkatkan Kesiapsiagaan Jelang Pemilu 2024, BNPT RI Latih Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah di Lampung

“Untuk itu seluruh sumber daya harus diberdayakan dalam mencegah potensi terror,” ujar Komjen Pol Rycko.

Pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 dilaksanakan lima rangkaian pertemuan diantaranya embukaan dan Sesi Pleno KTT ke-42 ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV). Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan Welcoming Dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach. (bnpt/has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *