Generasi Muda Perlu Miliki Toleransi Tinggi Dalam Hadapi Penetrasi Media Sosial

Giat BNPT558 Views

JAKARTA (LOMBOKEXPRESS.ID) – Generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa perlu memiliki nilai-nilai toleransi yang tinggi ditengah keberagaman yang ada di Indonesia.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., menilai perlu adanya upaya dalam menumbuhkan semangat pancasila pada anak-anak muda sebagai modal dalam membangun pemahaman bertoleransi di tengah perbedaan yang ada.

“Kita harus menghormati keberagaman bangsa, perbedaan dalam agama, suku, ras dan golongan, kita harus hidup senantiasa bertoleransi terhadap perbedaan itu,” jelas Boy Rafli Amar saat memberikan pengarahan dalam rangka motivasi bagi peserta didik kelas XII SMAN 37 dalam menghadapi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2023 pada Selasa (28/03).

Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 37 Jakarta ini mengajak pemuda-pemudi Indonesia menanamkan jati diri bangsa Indonesia yang bernafaskan semangat persatuan dan kesatuan.

“Tidak boleh ada yang mempermasalahkan dalam hal perbedaan terkait Agama dan suku. kita Semua diharapkan untuk menyebarkan semangat persatuan dan kesatuan,” ajak Boy Rafli.

Lebih lanjut dia menjelaskan sebagai generasi muda, mereka perlu waspada terhadap virus intoleransi, radikalisme dan terorisme yang berbasis pada sebuah ideologi kekerasan.

Boy Rafli berpesan kepada generasi penerus bangsa bahwa tantangan terberat di masa kini adalah hadirnya media sosial. Dibalik segala kemudahan menemukan informasi maupun hiburan, media sosial tidak luput dari susupan informasi maupun penyebaran paham-paham yang dapat merusak generasi penerus bangsa.

“Hari ini, pergaulan sangat luas hingga ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, termasuk berbagai informasi negatif sangat mudah diterima,” ujarnya.

Menurut Pria asal Sumatera Barat ini tanpa adanya kewaspadaan dari diri kita, maka segala informasi yang tidak bermanfaat di sosial media berpotensi membangun karakter negatif, maka teruslah waspada dan saring informasi yang diterima di media sosial. (bnpt/red)

Baca Juga:  Pelaksanaan Berbuah Baik, BNPT RI Apresiasi Kontribusi Pihak Terkait dalam RAN PE Award 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *