Buka Pelatihan SMSI Sumut, Wagub Musa Rajekshah: Mari Tata Ruang Publik Positif di Dunia Maya

Giat SMSI259 Views

MEDAN, LOMBOKEXPRESS.ID– Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengajak seluruh media siber, khususnya yang tergabung dalam organisasi pers Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menata ruang publik di dunia maya ke arah positif.

Penataan itu menjadi sangat penting mengingat banyak orang yang tidak bertanggung jawab, yakni dengan mengisi dunia maya dengan konten informasi yang negatif.

Ajakan itu disampaikan oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Harvina Zuhra ketika membacakan pidato wakil gubernur Sumatera Utara di acara pembukaan pelatihan SMSI Sumatera Utara, Minggu (07/05/2023).

Acara yang berlangsung di Ballroom Nangroe Hotel Saka, Jalan Gagak Hitam Ringroad Medan, dihadiri oleh Ketua Umum SMSI Firdaus dan para pengurus SMSI Provinsi Sumatera.

Musa Rajekshah yang akrab dipanggil Ijeck dalam sambutannya berharap, sebaiknya media tidak mengedepankan informasi yang sensasional, tidak berimbang, dan tanpa sumber yang jelas.

“Tetapi saya yakin anggota SMSI tidak ada yang seperti itu. Saya percaya SMSI berperan dalam upaya penataan ruang publik yang positif, informartif dan mencerahkan ruang publik kita di dunia maya. Mari semua kita bergerak maju untuk menatanya,” ujar Wagub Musa Rajekshah.

Ketua Umum SMSI, Firdaus, mengapresiasi pesan Wagub Musa Rajekshah, terlebih dukungan Pemprov Sumur selama ini terhadap media-media siber yang tergabung dalam SMSI.

Firdaus menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk menyatukan sekaligus menguatkan kesepahaman seluruh pengurus SMSI dalam mewujudkan visi misi dan program kerja SMSI.

“Sehingga SMSI dalam membangun eksosistem media siber, dapat berjalan dengan lancar, baik itu dari sisi bisnisnya maupun tanggung jawab untuk ikut memajukan bangsa dan negara,” kata Firdaus.

Sebelumnya Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu, melaporkan, kegiatan pelatihan yang dirangkaikan dengan silaturahmi tersebut, diikuti seluruh pengurus SMSI Sumut.

Baca Juga:  SMSI Kalteng Berbagi Takjil dan Makanan Berbuka Puasa

“Terima kasih atas kehadiran Pak Firdaus dan jajaran pengurus pusat, kami mengapresiasi training ini demi mengokohkan fondasi pergerakan SMSI di Sumut,” ujar Erris.

ada training itu, Ketum Firdaus membawakan materi ‘Penguatan Organisasi (sejarah singkat, garis perjuangan, ekosistem SMSI)’ dan Ilona Juwita Ketua Departemen Pengembangan Usaha SMSI dengan materi ‘Daya Tahan dan Pengembangan Media Siber’.

Hadir Wakil Ketua Umum SMSI, Yono Hartono, Wakil Bendahara yang juga Ketua SMSI Banten Lesman Bangun, Penasihat SMSI Sumut Rony Purba, Zulfikar Tanjung, dan Sekretaris Ariadi, Wakil Sekretaris Ayu Kesuma Ningtyas, Bendahara Agus Lubis.

Hadir juga Kabid Organisiasi dan Daerah Benny Pasaribu, dan Kabid Pendidikan dan Pelatihan Agus Utama, Kabid Kerjasama dan Pengembangan Usaha Irwansyah, para pengurus seksi dan pengurus lainnya. (benny pasaribu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *