BNPT Terus Bangun Kewaspadaan Nasional Sambut KTT G20 di Bali

Nasional1031 Views

BALI (Lombokexpress.id) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai leading sector dalam upaya penanggulangan terorisme hadir untuk meningkatkan kewaspadaan nasional membangun kewaspadaan dini setiap komponen bangsa guna minimalisir gangguan keamanan pada gelaran event puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

“Kita berupaya terus mengkoordinir stackholder di seluruh Indonesia dalam rangka G20 ini, kita melakukan rapat koordinasi intelijen di Banyuwangi dan Bali hingga menggelar kesiapsiagaan nasional,” jelas Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Irjen Pol Ibnu Suhaendra, S.I.K dalam pembukaan kegiatan Pelatihan Mitigasi Aksi Terorisme Integrative di Sanur, Bali (28/6).

Gelaran G20 di Indonesia menjadi penting dalam rangka memperlihatkan kedudukan Indonesia di mata Dunia. Kesuksesan pelaksanaan G20 dapat diwujudkan dalam bentuk kolaborasi dan keterpaduan setiap lembaga negara dan masyarakat dalam melakukan antisipasi meminimalisir potensi dampak yang muncul akibat gangguan keamanan.

“Kita bersama-sama dengan Kementerian/Lembaga terkait dan kesatuan keamanan terkait di daerah Bersatu padu dalam pengamanan G20,” ungkap lulusan akademi polisi 1993 ini.

Dalam menghadirkan rasa aman di G20 Bali, BNPT terus meningkatkan frekuensi koordinasi dengan aparat penegak hukum dan pemerintah daerah serta tidak lupa menguatkan peran masyarakat dalam mencegah aksi teror.

Sebelumnya, Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H menyatakan komitmen BNPT dalam menyukseskan presidensi G20 Indonesia 2022 dengan meningkatkan kegiatan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di beberapa daerah di Indonesia sejak sebelum acara puncak hingga akhir tahun 2022 ini.

“Kami akan meningkatkan aktivitas terkait Indonesia menjadi tuan rumah G20, kami akan memaksimalkan program kami dari pra, pruncak, sampai akhir tahun setelah pelaksanaan G20 di Bali dan beberapa kota di Indonesia,” ucap Kepala BNPT ketika rapat bersama Komisi III DPR RI pada Senin (30/5).

Baca Juga:  Kepala BNPT Resmikan Pendopo KKBK Provinsi Jawa Barat dan Banten: Harap Nilai-Nilai Adat dapat Persempit Penyebaran Ideologi Terorisme

Pengamanan seluruh rangkaian pelaksanaan G20 di Indonesia terus ditingkatkan karena menjadi atensi dari Presiden agar tidak ada satu insiden pun yang mengganggu keamanan mengingat pelaksanaan KTT G20 menjadi ajang dalam menunjukan kemampuan Indonesia menampilkan kemajuan yang telah dicapai terutama dalam pengendalian pandemi Covid-19 baik dari sisi Kesehatan maupun ekonomi. (humasbnpt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *