Polsek Pemenang Bersama Warga Berhasil Mengatasi Kebakaran di Gili Trawangan

News662 Views

GILI TERAWANGAN, LOMBOKEXPRESS.ID– Kebakaran melanda Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Dusun Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, pada Jumat, 21 Juli 2023. Kepolisian Sektor Pemenang dari Polda NTB langsung melakukan pengecekan Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk menangani insiden ini.

Kapolres Lombok Utara, AKBP Didik Putra Kuncoro, S.I.K., M.Si., melalui Kapolsek Pemenang, AKP Lalu Eka Arya Mardiwinata, SH., MH., menyampaikan informasi tersebut melalui telepon kepada awak media. Kebakaran terjadi di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Dusun Gili Trawangan dan telah menimbulkan keprihatinan di antara masyarakat.

Upaya penanganan kebakaran ini melibatkan anggota Polsek Pemenang dan Polsubsektor Gili Termeno, yang bekerja sama dengan berbagai instansi terkait dan warga setempat. Bersama-sama, mereka berusaha untuk memadamkan api dan mengendalikan situasi di area yang terdampak.

Dengan luas kebakaran sekitar 20 are, api menjadi semakin sulit untuk dipadamkan karena adanya angin kencang serta tumpukan sampah yang tinggi. Asap tebal masih terlihat di TKP dan mengancam merembet ke lahan kosong di sekitarnya. Pihak berwenang masih berupaya melakukan pemadaman dengan mempertimbangkan ketersediaan air yang terbatas di lokasi.

Beruntung, peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, kerugian materiil akibat kebakaran belum dapat dihitung secara pasti dan saat ini sedang dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

Kapolsek mengingatkan masyarakat tentang cuaca ekstrem belakangan ini, dengan gelombang laut dan angin yang cukup kencang. Ia mengimbau agar warga yang melakukan pembakaran sampah baik di rumah maupun di ladang selalu mengawasi hingga api benar-benar padam. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya insiden tak diinginkan, terutama di musim panas dengan cuaca kering dan angin yang dapat memicu kebakaran lahan dan hutan.

Baca Juga:  SMSI Riau Gelar Workshop Penulisan Feature Pariwisata

Dengan kerjasama dan kesadaran bersama, diharapkan kejadian serupa dapat dihindari dan keamanan wilayah tetap terjaga. Semua pihak diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menghadapi potensi kebakaran di masa mendatang. (nang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *