80 Crosser  Internasional  Ramaikan Circuit Samota, Ridwansyah: Hindari Kemacetan, Siapkan Lima Kantong Parkir

Olahraga461 Views

SUMBAWA (LOMBOKEXPRESS.ID)–Sebanyak 80 crosser internasional dari 19 negara memastikan diri menjajal Rocket Motor Circuit pada ajang Motocross Grand Prix (MXGP) 2022 Samota – Indonesia.

Event balap motor kelas dunia ini dijadwalkan terlaksana 24 – 26 Juni 2022 mendatang.

Komandan Lapangan MXGP of Indonesia Samota – Sumbawa, H Ridwansyah, dalam jumpa pers pada Rabu (25/5) di Rocket Motor Circuit memastikan hal tersebut.  Dari 80 peserta tersebut dibagi menjadi dua kelas, yakni 40 pebalap kelas MX2, dan 40 peserta kelas MXGP.

Selain crosser, lanjut  Kepala Dinas PUPR NTB ini, sebanyak 500 tim dan kru paddock juga akan meramaikan Sumbawa.

“Ini bukan sekadar balap. Tapi bagaimana kita membalikkan ekonomi pasca pandemi Covid-19 lalu,” tuturnya.

Sementara untuk penonton, diperkirakan sebanyak 50 ribu orang. Baik yang dari Kabupaten Sumbawa.maupun penonton dari daerah lain di Indonesia, bahkan dunia. “Penonton diperkirakan 50 ribu orang bahkan bisa lebih. Mereka akan dilayani dengan tiga kelas, yakni kelas berdiri, VIP dan VVIP,” tukasnya.

Dijelaskan, hingga saat ini progress pembangunan sirkuit baru mencapai 40 persen. Pihaknya mengaku optimis bisa menuntaskan pembangunan, dengan sisa waktu yang ada. “Paling lambat 15 Juni mendatang. Setelah sirkuit selesai, seluruh peralatan akan hadir di sini,” tuturnya.

Sementara Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah berharap dukungan semua pihak untuk mensukseskan pelaksanaan MXGP Samota tersebut. Terutama menerima tamu yang akan datang ke Sumbawa dengan ramah. “Mohon dukungan OPD, DPRD dan masyarakat. Kita tunjukkan bahwa Sumbawa bisa menerima tamu dengan baik, bahwa Sumbawa welcome dengan orang luar,” demikian Bupati.

Mengingat ramainya penonton, kata bupati tentu akan kekesulitan tempat menginap,  mencari makanan dan minuman. Namun panitia sudah mempersiapkan hotel, rumah penduduk dan tenda-tenda. Termasuk kuliner akan melibatkan UMKM terstandar.

Baca Juga:  KONI Kabupaten Dompu Bakal Gelar Musorkablub

Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany menambahkan untuk UMKM lokal yang sudah mendaftarkan diri di Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan sebanyak 350 UMKM. Mereka akan berjualan di luar area sirkuit. Sebab yang masuk di area cirkuit merupakan kewenangan EO. “Silakan UMKM kita berjualan. Kita siapkan tenda, untuk diisi oleh UMKM-UMKM kita. Dan beragam jenis makanan akan disajikan di sepanjang lokasi masuk ke jalan Samota.” pungkasnya.

 

Kurangi Kemacetan saat MXGP, Lima Kantong Parkir Disiapkan

Sementara itu, pelaksanaan event internasional Motocross Grand Prix (MXGP) 2022 Samota – Indonesia terus dimatangkan. Selain menyiapkan lokasi sirkuit Pemprov NTB dan Pemda Sumbawa juga menyiapkan rekayasa lalulintas untuk mengurangi kemacetan saat balap motocross mulai terlaksana.

Menurut Komandan Lapangan MXGP of Indonesia Samota – Sumbawa, H Ridwansyah, ada lima kantong parkir yang akan disiapkan saat pelaksanaan MXGP pada 24-26 Juni mendatang. Seperti di GOR Mampis Rungan, stadion Pragas, halaman kantor DPRD Sumbawa, Terminal Sumer Payung dan Pelabuhan Badas.

Lebih jauh dijelaskan, penonton yang memarkirkan kendaraannya di lokasi yang disiapkan tersebut, kemudian akan naik bus menuju lokasi Rocket Motor Circuit – Samota, untuk menyaksikan balap motocross. “Harga tiket yang dibeli, sudah termasuk dengan ongkos bus yang disediakan untuk antar jemput,” terang Ridwan dalam jumpa pers pada Rabu (25/5) di Rocket Motor Circuit.

Sementara bagi pengguna sepeda motor, lanjut Ridwan, diusulkan bisa memarkirkan kendaraannya di area sirkuit, dengan jarak 500 meter hingga 1 kilometer dari lokasi menonton. “Nanti mereka (penonton) akan jalan ke lokasi sirkuit dengan menyusuri UMKM-UMKM yang ada disekitar sirkuit. Mereka bisa belanja dulu sebelum masuk, liat-liat souvenir dan lainnya,” tuturnya. (bia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *