Danrem Dampingi Kunjungan Kerja Danpusterad di Kodim Lombok Timur

Ceremony318 Views

SELONG (Lombokexpress.id) –Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos., M.M mendampingi Danpusterad Letnan Jenderal TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M. dalam kunjungan kerja ke Kodim 1615/ Lombok Timur. Kedatangan rombongan disambut  Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letkol Inf. Amin Muhammad Said, S.H., beserta seluruh para Perwira, Rabu (25/1/2023).

Kunjungan Danpusterad beserta rombongan ini dalam rangka Program kerja Pusterad untuk melaksanakan kegiatan Pengumpulan dan penyajian Data Teritorial ( PULSAJI DATATER ) dan Bimbingan Teknis Temu Cepat Lapor Cepat  (BIMNIS TCLC).

Pada kesempatan itu Danpusterad memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Makodim 1615/Lombok Timur. Dan pusterad mengatakan Satuan kewilayahan mulai Kodam, Korem, Kodim dan Koramil bahkan sampai ke tingkat Babinsa sebagai pelaksana langsung bidang teritorial dan itu adalah rohnya Angkatan Darat.

“Saya selaku Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat hanya bisa memberikan asistensi atau supervisi maupun bimbingan teknis dalam bidang teritorial yang harus dilakukan oleh satuan pelaksana agar tidak menyimpang atau sesuai dengan kebijakan dari Kepala Staf Angkatan Darat.” ucapnya.

Saat ini lanjutnya kit sedang menggalakkan TNI Manunggal Air.  Program ini merupakan kebijakan dari Bapak KSAD untuk membantu masyarakat, terkait air bersih dan diharapkan manfaat air itu dapat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dan pertanian.

“Program TNI-AD Manunggal Air merupakan program penyediaan air bersih melalui pemasangan pompa hydraulic ram pump (Hidram), sumur bor serta penyaluran air secara gravitasi atau non listrik,” imbuhnya.

“Kita harus mendukung kebijakan Bapak KSAD tentang manunggal air dan Babinsa masuk dapur, yang intinya bahwa prajurit harus hadir ditengah- tengah masyarakat sebagai solusi bukan menambah masalah,” tegas mantan Pangdam XVII/ Cendrawasih ini.

Baca Juga:  Kunjungan Kerja Perdana Danrem 162/WB Disambut Muspida Kota Bima dan Kabupaten Bima

Pusterad saat ini sudah membuat aplikasi Teritorial terkini. Yaitu aplikasi yang mana setiap Babinsa bisa langsung mengupload setiap kegiatan sehari-hari di lapangan. Seperti program-program yang memang sudah ditentukan oleh komando atas meliputi Komunikasi sosial, Karya Bhakti, Bhakti TNI dan program-progam lain untuk membantu kesulitan rakyat. Hal tersebut dapat dipantau langsung oleh Danrem, Pangdam maupun KSAD.

Mengakhiri arahannya Danpusterad berpesan untuk semua Prajutit Teritorial agar baik baik dengan rakyat.

“Kita mencintai masyarakat itu biasa tapi menjadi luar biasa apabila kita dicintai oleh masyarakat. Kehadiran kita harus menjadi solusi dan selalu berinovasi untuk membantu kesulitan rakyat. Serta selalu berbuat yang terbaik, dan percaya niscaya pahala akan diperoleh,” pesan Jendral bintang tiga itu.

Pada kesempatan yang sama Danrem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, melaporkan kepada Danpusterad bahwa korem 162/WB sudah membuat Pompa hidram sebanyak 80 titik. Selain itu  ada juga bantuan Sumur Bor dari KEMENHAN  sebanyak 150 titik yang akan disebar 50 titik di pulau lombok, 50 titik di Pulau Sumbawa dan 50 titik  di pulau pulau kecil yang ada di NTB. Dari 150 titik Sumur Bor bantuan dari KEMENHAN sudah terealisasi sebanyak 30 Sumur Bor di Pulau Lombok.

“Selain Pompa Hidram dan Sumur Bor Korem 162/WB juga akan melaksanakan kegiatan bedah rumah layak huni sejumlah 30 unit. Di mana 20 unit bantuan dari Kodam IX/Udayana dan 10 Unit dari Korem 162/WB sendiri,” pungkas Brigjen Aris. (Penrem 162/WB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *