Lanjutkan Kepemimpinan di BNPT, Rycko Amelza Upayakan Pendekatan Kemanusiaan dalam Penanggulangan Terorisme

Giat BNPT434 Views

BOGOR (LOMBOKEXPRESS.ID)– Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. mengaku bahwa tugas penanggulangan terorisme merupakan tugas yang mulia. Baginya, pendekatan lunak melalui aspek kemanusiaan merupakan hal terpenting.

“Tugas penanggulangan terorisme ini sangat mulia. Mulia bukan hanya karena menjaga keutuhan NKRI tapi bagaimana membuat manusia menjaga kemanusiaan, manusia menghormati satu sama lain. Ini penting,” jelasnya dalam acara Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut antara Komjen Pol. Prof. Dr. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., yang menggantikan Komjen Pol. Dr (Purn) Boy Rafli Amar, M.H di Kantor Pusat BNPT pada Rabu, (5/4).

Komitmen pendekatan lunak dengan mengedepankan aspek kemanusiaan ini pun diapresiasi oleh Kepala BNPT RI periode sebelumnya, Komjen Pol. (Purn) Dr. Boy Rafli Amar, M.H.

“Kepemimpinan yang baru, BNPT pasti bisa mengakselerasi pencapaian tugas penanggulangan terorisme yang selama ini kita kerjakan,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, agar sinergi dengan beragam unsur masyarakat dapat terus dilanjutkan.

“Dengan sinergitas kita membangun bangsa, kita harus berusaha semaksimal mungkin melanjutkan ini. Kerjasama dengan masyarakat memberikan efek bahwa ketahanan bangsa. Kita memiliki daya imunitas yg bagus melawan virus radikal intoleran,” tambahnya.

Sejatinya, pendekatan kemanusiaan selama ini telah terimplementasi dalam upaya kontra radikalisasi yang dilakukan oleh BNPT. Melalui pendekatan ini BNPT berupaya melakukan penanaman nilai-nilai nasionalisme serta nilai-nilai non-kekerasan, dengan strategi pendekatan melalui pendidikan formal maupun non-formal. Kontra radikalisasi yang diusung BNPT banyak menggandeng tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan stakeholder lain dalam memberikan nilai-nilai kebangsaan. (bnpt/has)

Baca Juga:  24 Warga Binaan Lapsus Sentul Ikrar Setia NKRI, Kepala BNPT : Lepas Baiat dan Kembali ke NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *